Jumat, 17 Januari 2014

Tunjukkan Jiwa Mudamu


Hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan momen spesial kebangkitan dan persatuan seluruh rakyat indonesia. Semangat para pemuda yang berusaha menghalau segala bentuk perbedaan dan menyatukannya dalam satu suara di bawah naungan Indonesia merupakan hal
yang patut kita teladani. Semangat tersebut harus selalu kita jaga dan kita kembangkan dalam menjalani setiap aspek kehidupan. Oleh karena itu, GEMA Talun (Gerakan Mahasiswa Talun) mengadakan kegiatan "Senam Sehat Semarak Sumpah Pemuda" untuk merajut kembali persatuan dan kesatuan antar warga desa talun.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 27 Oktober 2013 tersebut berjalan dengan lancar. Mulai pukul 14.00 WIB panitia sudah mulai berkumpul di tempat kegiatan untuk melakukan berbagai persiapan, seperti mempersiapkan tempat, sound system,  konsumsi, doorprize dan juga persiapan untuk menjemput instruktur senam. Pukul 15.00 WIB, panitia melakukan sholat Ashar di Masjid Ar-Rohman Talun setelah semua persiapan selesai.

Awalnya, panitia sempat khawatir jikalau peserta yang hadir kurang dari target. Akan tetapi selepas Ashar, akhirnya para peserta, dari anak-anak sampai orang tua mulai berdatangan.
Kira-kira pukul 15.20 WIB, instruktur senam sudah sampai di tempat. Sambil menunggu peserta lainnya berdatangan, kurang lebih pukul 15.30 WIB kegiatan dimulai. Acara dibuka oleh MC dengan membaca basmallah bersama dilanjutkan sambutan dari Bpk Sri Widodo selaku kepala desa Talun.

Inti dari sambutan yang diberikan oleh Bpk Sri Widodo adalah mengajak seluruh warga desa Talun untuk meniru dan melanjutkan semangat Sumpah Pemuda serta membuka senam secara resmi. Acara selanjutnya yaitu penampilan drum band dari TK Pertiwi Talun.

Menginjak acara inti yaitu senam sehat. Setelah mendapat komando dari MC, seluruh peserta senam berbaris rapi di halaman SD N 2 Talun. Dan ternyata, peserta yang hadir membludak melebihi target, sehingga terpaksa banyak calon peserta senam yang hanya melihat dari luar halaman SD N 2 Talun karena tempat tidak mencukupi.

Sebelum senam dimulai, panitia membagikan doorprize kepada beberapa peserta senam dengan berbagai kriteria,  diantaranya yaitu peaerta yang berbaris paling rapi, peserta yang berpenampilan paling mencerminkan hendak senam, peserta paling tua, peserta paling muda dan yang terakhir adalah peserta yang mau maju ke atas panggung. Peserta nampak senang dengan adanya pembagian doorprize.

Kurang lebih pukul 16.15 WIB kegiatan senam sehat yang dipimpin oleh Mbak Dyah dari PERSANI (Persatuan Senam Seluruh Indonesia) selaku instruktur senam dimulai. Para peserta senam, baik tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan, semua nampak senang,  antusias, dan bersemangat mengikuyi setiap gerakan yang dicontohkan oleh instruktur senam.

Senam dimulai dengan senam aerobik kemudian dilanjutkan dengan goyang caisar yang menambah seru dan keceriaan senam. Di tengah goyang caisar, instruktur meminta beberapa orang peserta senam untuk naik ke atas panggung dan bergoyang bersama dan diberi imbalan berupa doorprize. Dengan semangat 5 orang peserta bergegas maju ke atas panggung. 

Cuaca mulai nampak kurang bersahabat. Awan hitam menyelimuti desa Talun. Gerimis mulai turun, sehingga senam segera dilanjutkan pada bagian akhir yaitu pendinginan.

Kurang lebih pukul 17.15 WIB, tepat ketika senam selesai dan panitia membagikan konsumsi berupa air mineral kepada para peserta senam, hujan deras mulai mengguyur halamab SD N 2 Talun. Sontak para peserta kalang kabut mencari tempat berteduh. Begitupula dengan panitia, panitia begitu gesit mengamankan barang-barang perlengkapan dari guyuran hujan. Baik itu doorprize yang masih tersisa, laptop, VCD player, sound system, microphone, dll., kecuali sepeda motor.

Meski hujan yang mengguyur semakin deras, acara tetap dilanjutkan dan para peserta masih tetap antusias mengikuti jalannya acara. Acara berikutnya yaitu perkenalan GEMA Talun ( Gerakan Mahasiswa Talun ), perkenalan instruktur senam dari PERSANI, dan pembagian doorprize.

Pada sesi ini, panitia juga menanyakab kepada para peserta perihal mau dibawa kemana kegiatan semacam ini, mau berlanjut ataukah cukup sampai di sini. Dan ternyata dengan kompak para peserta menginginkan kegiatan senam semacam ini terus diadakan tiap minggu. Ini patut menjadi perhatian semua pihak.

Acara demi acara telah dilewati, akhirnya kira-kira pukul 17.35 WIB, kegiatan "Senam Sehat Semarak Sumpah Pemuda " diakhiri dengan penutupan oleh MC. Para peserta mulai meninggalkan halaman SD N 2 Talun meski hujan dengan intensitas sedang masih mengguyur.

Akan tetapi, bagi panitia acara belum berakhir. Panitia masih melakukan evaluasi secara singkat, melakukan kegiatan kebersihan, mengembalikan peralatan dan pada akhirnya pukul 17.55 WIB semua selesai dan panitia pun kembali ke rumahnya masing-masing. :)

#yeeeii, sukses terus buat GEMA Talun, semoga kedepan makin bisa memberikan kontribusi yang super untuk kemajuan desa kita :).
Dan semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan menginspirasi untuk selalu berbuat kebaikan, sekecil apa pun itu demi kemajuan tanah air kita :)..
well, see you....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar