Rabu, 21 November 2018

Resep: Lodeh Daun Singkong


Hay kawan, hari ini aku mau berbagi resep masakan yang sudah aku coba beberapa waktu lalu. Dijamin murah meriah, rasanya nikmat, dan bikin nafsu makan semakin meningkat. Hehee. Nama masakannya adalah lodeh daun singkong. 

Kebetulan aku tinggal di desa. Bapak selalu menanam singkong, sehingga daun singkong di tempatku nggak perlu beli, tinggal petik di kebun belakang rumah aja. Inilah alasannya kenapa aku bilang masakan ini adalah masakan murah meriah. Kalaupun misalnya teman-teman harus membeli ke pasar ataupun supermarket, aku yakin harganya pun sangat murah. 

Meskipun bahan dasarnya murah meriah, kalau sudah diolah, yakin deh, pas makan pengennya pada nambah-nambah. So, recommended lah masakan ini untuk dicoba. 

Langsung saja ya, aku bagi resepnya untuk kalian. Resep ini aku adopsi dan modifikasi dari instagram doyancooking. Selamat mencoba. 



Bahan:
1 ikat daun singkong
1 sdm rebon
2 cm lengkuas
1 bungkus kara
3 siung bamer
5 siung baput
1 biji kemiri
800 ml air
2 lembar daun salam
1 batang sereh
Gulgar

Cara:
Pilih daun singkong yang bagus kemudian cuci bersih
Rebus daun singkong yang sudah dicuci sampai empuk (tambahkan garam saat merebus)
Tiriskan daun singkong lalu iris kecil-kecil
Haluskan bamer, baput, kemiri, dan garam
Tumis bumbu halus
Tambahkan rebon dan irisan daun singkong, kemudian aduk rata
Tambahkan air daun salam, dan sereh geprek
Tambahkan santan, aduk rata
Tambahkan gula dan koreksi rasa
Masak sampai tanak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar